Depok.go.id – Dinas Pemadan Kebakaran (Damkar) Kota Depok melakukan berbagai upaya dalam mencegah terjadinya kebakaran di beberapa lokasi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Damkar Kota Depok Yayan Arianto saat mengisi Forum OPD Damkar beberapa waktu lalu.

“Hingga kini kami telah melakukan sosialisasi kepada berbagai instansi terkait bahaya kebakaran dan apa saja yang dapat dilakukan dalam menanggulanginya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yayan menambahkan bahwa pihaknya juga kerap kali melakukan simulasi penanganan kebakaran pada beberapa pusat perbelanjaan dan pabrik-pabrik. Namun, diakuinya belum banyak instansi yang menindaklanjuti dengan menyediakan alat proteksi. Sehingga jika terjadi kebakaran tidak dapat mencegah dan memadamkan api.

Selain itu, Yayan menambahkan bahwa pihaknya juga melakukan sosialisasi hingga tingkat perguruan tinggi. Hal tersebut dilakukan dengan harapan dapat menanggulangi bahaya kebakaran dan dapat ditindaklanjuti oleh para mahasiswa terkait pentingnya mengetahui tindakan yang dilakukan dalam mewaspadai bahaya kebakaran.

Terakhir, Yayan berharap kedepannya semakin banyak instansi yang rutin melakukan simulasi penanganan kebakaran. Sehingga jika terjadi kebakaran tidak mengalami kesulitan untuk menyelamatkan diri dan api dapat cepat dipadamkan.

“Semoga tempat-tempat umum dapat menyediakan alat proteksi dan memberikan edukasi terkait penanganan kebakaran agar dapat nantinya dapat mengantisipasi jika terjadi kebakaran,” tutupnya. (Indri/Ed: Yulia S-Diskominfo)

Bagikan post melalui :