Workshop Kesehatan Kerja di Perkantoran yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Depok di aula lantai 1 Balaikota Depok, Senin (11/02/19). (Foto: M. Nanang)

depok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyelenggarakan workshop kesehatan kerja perkantoran di aula lantai 1 Balai Kota Depok. Workshop tersebut dilakukan guna memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2019.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita menjelaskan, workshop tersebut membahas seputar keselamatan kerja informal dan formal. Untuk itu, pihaknya mengambil tema ‘Untuk Keselamatan Kerja di Perkantoran’, sebab pekerja merupakan aset perusahan yang harus dilindungi dari penyakit dan kecelakaan kerja.

“Pekerja harus dilindungi karena mereka menghabiskan waktunya hampir sepertiga di tempat kerja. Selain juga agar mereka yang merupakan aset negara dapat lebih produktif dalam bekerja,” ujarnya kepada depok.go.id, usai workshop, Senin (11/02/19).

Lebih lanjut, ucap Novarita, ada beberapa komponen untuk keselamatan dan kesehatan kerja, antara lain dari segi kesehatan ada screening kesehatan dan kebugaran yang dilakukan secara rutin. Ada pula dari segi keselamatan kerja, mitigasi bencana dan briefing jalur evakuasi. Kemudian, dari segi kesehatan lingkungan dilihat dari sarana dan prasarana, toilet dan juga pemadam kebakarannya.

Terakhir, dirinya menambahkan, sudah sepatutnya perkantoran di Depok juga dilengkapi dengan sejumlah alat keselamatan kebakaran. Selanjutnya, perkantoran juga harus memiliki tanda evakuasi, serta setiap ruangan harus ada instruksi brifing agar pekerja bisa tahu jika terjadi sesuatu.

“Perkantoran di Kota Depok harus selalu memikirkan para karyawannya. Karena ini adalah tanggung jawab dari masing masing perkantoran untuk keselamatan dan kesehatan pekerjanya,” tutupnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :