kepala upt pendidikan saswangan, lahmudin (kanan)

Kepala UPT Pendidikan Sawangan, Lahmudin (kanan). (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Jelang Ujian Nasional (UN), berbagai persiapan dilakukan pihak Sekolah Dasar (SD) negeri di Kecamatan Sawangan. Salah satunya dengan melaksanakan Try Out (TO) di sekolah masing-masing, yang ditujukan sebagai latihan untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) pada bulan Mei mendatang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Sawangan, Lahmudin menyebutkan, di Kecamatan Sawangan sendiri setidaknya ada 23 SD negeri dan 17 SD swasta yang melaksanakan TO. Selain TO, pihaknya juga melakukan pendalaman materi UN dan membahas Standar Kelulusan (SKL), serta kisi-kisi soal UN.

“TO tingkat Kota Depok sudah dilaksanakan sampai 3 kali, pelaksanaan di SD yang berada di wilayah kerja UPT Pendidikan Sawangan berjalan lancar semua,” ujar Lahmudin, Senin (10/04/2017).

Lahmudin juga berharap, agar dalam pelaksanaan UN nanti para siswa hanya mengandalkan diri sendiri. Untuk itu, ia mengimbau para siswa untuk meningkatkan minat belajarnya.

“UN nanti siswa harusnya hanya mengandalkan diri sendiri dan bersikap jujur, karena soalnya nanti akan berbeda antara murid yang satu dengan yang lainnya. TO ini merupakan modal dasar bagi siswa untuk menjawab soal-soal yang diberikan pada saat UN nantinya,” ucapnya.

Lahmudin mengaku, untuk tahun 2017 ini wewenang memberikan kelulusan sudah diserahkan sepenuhnya kepada sekolah yang bersangkutan. Namun begitu, ia tidak ingin SD yang berada di wilayah kerjanya main-main dalam mempersiapkan anak didik menghadapi UN.

“UN SD setidaknya ada 3 mata pelajaran yang diujikan yakni Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia. Untuk kelulusan siswa tidak murni dari nilai UN, tetapi ditambah dengan nilai ujian yang diadakan oleh sekolah masing-masing. Meskipun begitu persiapan UN tetap harus optimal,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :