akrab pramuka

AKRAB: Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pengabdian Masyarakat Ahmad Fadila (kanan) bersama Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, Dede Yusuf. (Foto: Istimewa)

depok.go.id- Berbagai kegiatan positif dapat dilakukan oleh remaja remaja khususnya di bawah usia 18 tahun. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan ekstarkulikuler (ekskul) pramuka yang ada di setiap sekolah. Karena itu, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Depok ingin remaja aktif dalam ekskul pramuka, sekaligus untuk mengoptimalkan program Depok Kota Layak Anak.

Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pengabdian Masyarakat, Ahmad Fadilah mengatakan, kegiatan pramuka adalah salah satu ekskul wajib yang diikuti siswa di sekolah. Dikatakannya, dengan menerapkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Maka diharapkan mampu melahirkan pribadi remaja yang baik dalam organisasi maupun kehidupan bermasyarakat.

“Kegiatan pramuka yang diikuti siswa di sekolah dapat memberikan bekal dalam keorganisasian . Sekaligus juga melatih mental, disiplin serta kepedulian terhadap sesama,” tuturnya kepada depok.go.id, Selasa (11/04/2017).

Lebih lanjut, Ahmad menuturkan, melalui kegiatan peramuka, para remaja dapat terhindar dari kegiatan negative  yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga dan orang lain.

“Tentunya dalam kegiatan pramuka akan di ajarkan untuk peduli terhadap orang lain, begitu pula dengan menjadikan sosok manusia yang mampu membawa diri dalam menghindari kegiatan negatif seperti penggunaan narkoba, tawuran dan pergaulan bebas lainnya,” katanya.

Menurutnya, sejauh ini peran serta pembina pramuka di sekolah juga sangat baik. Sehingga para siswa yang ikut dalam pramuka tidak pernah terdengar melakukan kegiatan yang negatif di Kota Depok.

“Alhamdulillah, hingga kini belum anggota pramuka yang terlibat kegiatan anarkis seperti tawuran pelajar. Hal tersebut menjadi cermin kegiatan pramuka dapat membawa diri pelajar untuk tidak mudah terpancing,” terangnya.

Ahmad pun mengajak, seluruh pelajar Kota Depok untuk ikut dalam kegiatan pramuka. Sehingga Depok yang memiliki program Kota Layak Anak dapat semakin terealisasi.

“Ke depan, Kota Depok akan diisi oleh penerus bangsa yang memiliki mental pejuang dan memiliki rasa solidaritas yang tinggi,” pungkasnya.

 

Penulis : Dian Afrianti Kunto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :