pelatihan

Penyuluh dari Kementerian Pertanian saat memberikan materi di hadapan petani belimbing di Balai Penyuluhan dan Pertanian (BPP) Sawangan, Selasa (11/04/17). (Foto : Nita/Diskominfo)

depok.go.id –Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam merangkul serta memfasilitasi petani, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, melatih 20 petani terkait cara pembudidayaan serta potensi peningkatan hasil tani belimbing dengan memanfaatkan teknologi pertanian yang semakin canggih.

“Pelatihan yang diberikan lebih kepada budidaya belimbing itu sendiri. Bagaimana meningkatkan hasil panen melalui perkembangan teknologi yang sudah ada,” ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Hermin Kusmiati, usai memberikan materi dalam Pelatihan Petani Belimbing di Balai Penyuluhan dan Pertanian (BPP) Sawangan, Selasa (11/04/2017).
Dengan menggandeng pihak Kementerian Pertanian (Kementan), diharapkan masalah-masalah yang dikeluhkan petani belimbing dapat teratasi. Sebab, baru-baru ini terjadi serangan hama batang yang merusak sebagian pohon belimbing milik petani. Akibatnya, petani gagal panen dan mengalami kerugian.
“Belum lama ini terjadi serangan hama batang dan ini merupakan sesuatu hal yang baru. Kami menggandeng pihak kementerian untuk mendiskusikan bagaimana cara menanggulangi masalah tersebut,” jelasnya.
Selain itu, lanjut Hermin, telah ditemukan juga hormon tanaman buah, untuk mempercepat tanaman agar berbuah. Pengujian ini juga dipraktikkan langsung ke pohon belimbing, untuk selanjutnya dilihat hasilnya satu bulan ke depan.
“Kami mendapatkan inovasi baru yang ditularkan dari Kementan, yaitu ada hormon tanaman buah untuk mempercepat tanaman tersebut berbuah. Bahkan, buahnya bisa dipanen sebulan sekali. Sebelumnya dicoba ke pohon mangga dan berhasil, sekarang baru mau dicoba ke belimbing. Mudah-mudahan hasilnya sama,” harap Hermin.
Dirinya berharap, pelatihan ini dapat bermanfaat bagi petani dan bisa diimplementasikan sebagai upaya peningkatan hasil pertanian belimbing di Kota Depok. Dengan begitu, kesejahteraan petani belimbing makin meningkat.
Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih  dan Yulia Shoim
Diskominfo
Bagikan post melalui :