depok.go.id- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di aula Perpustakaan Umum Kota Depok, Rabu (11/04/2018). Puluhan wartawan dari Depok, Bogor, Tangerang, Jakarta, dan Semarang mengikuti tes yang diselenggarakan selama dua hari tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana, Fitra Ratory mengatakan, UKW merupakan ujian untuk memperoleh sertifikasi wartawan yang dikeluarkan oleh Dewan Pers. Ujian tersebut berguna untuk mengetahui tingkat kualitas seorang wartawan.

“Semua wartawan harus punya sertifikasi yang resmi. Sebelum memperoleh sertifikasi tersebut harus mengikuti serangkaian tes,” tuturnya kepada depok.go.id.

Dikatakan Fitra, ada sejumlah tahapan ujian yang harus diikuti oleh wartawan. Tahapan itu antara lain tes wawancara, investigasi report, hingga menguji jaringan via telepon dengan menghubungi 20 narasumber.

Selama dua hari, lanjutnya, peserta yang mengikuti proses ujian akan dibagi menjadi tujuh kelompok. Semuanya sesuai dengan jenjang UKW yaitu jenjang muda, madya, dan utama.

“Jadi dikelompokkan berdasarkan jenjang yang diikuti. Untuk hasilnya akan diberikan satu minggu setelah ujian berlangsung,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, menuturkan, jurnalis memiliki peranan penting di dalam negara. Dikarenakan pentingnya peranan tersebut, perlu adanya peningkatan kompetensi sebagai seorang jurnalis agar dapat semakin berguna di semua kalangan.

“Semua wartawan harus mengikuti ujian kompetensi sebagai tolak ukur dalam mengetahui kualitas dalam pemberitaan,” tutupnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :