Suasana pemeriksaan pap smear di sekretariat YKI Depok di lingkungan Balai Kota Depok. (Foto : Janet/Diskomminfo)

depok.go.id- Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok menggelar pemeriksaan pap smear gratis bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat pada 11 April 2018. Pemeriksaan yang diadakan di sekretariat YKI tersebut, dilaksanakan untuk menyambut hari jadi ke-19 Kota Depok.

Ketua Bidang Pendidikan dan Penyuluhan, YKI Kota Depok, Salma mengatakan, pihaknya menargetkan 200 peserta dari kalangan ASN dan masyarakat. Pemeriksaan itu bertujuan untuk mendeteksi secara dini kanker serviks kepada perempuan usia produktif di Kota Depok.

“Hingga pukul 12.00 wib, peserta pap smear mencapai 80 peserta. Kami harap terus bertambah jumlahnya,” ucap Salma, disela-sela Seminar Kesehatan Reproduksi dan Kanker Serviks, Rabu (11/04/2018).

Dirinya menuturkan, dalam pemeriksaan pap smear ini dikhususkan bagi wanita yang sudah menikah. Selain itu, mereka juga harus memenuhi syarat antara lain tidak sedang menstruasi, tidak sedang hamil, tidak berhubungan suami istri selama dua hari sebelum pap smear, dan tidak sedang menggunakan obat di bagian vagina.

“Pemeriksaan ini akan roadshow ke 11 kecamatan di Kota Depok. Misalnya di Kecamatan Cimanggis pada 25 April 2018. Pemeriksaan ini gratis hanya dengan menunjukkan kartu JKN-KIS,” katanya.

Sementara itu, salah satu ASN Dinas Sosial Kota Depok, Retno Setyorini merasa terbantu dengan adanya pemeriksaan deteksi dini kanker serviks yang dilakukan YKI Depok. Menurutnya, dengan memeriksakan diri, perempuan akan lebih terhadap kesehatan reproduksinya.

“Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan agar perempuan khususnya ASN dapat cepat mengetahui kondisi kesehatannya,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika

Editor  : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :