depok.go.id-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok memberikan materi penguatan kepada 30 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Depok, sejak tanggal 8-10 April 2019 di Kota Bogor. Penguatan tersebut, untuk menambah wawasan dan keterampilan Tagana dalam penanganan bencana.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok, Devi Mayori mengatakan, pihaknya terus melakukan pengembangan keterampilan kepada anggota Tagana. Hal tersebut agar kualitas personel Tagana semakin baik.

“Kita memfasilitasi anggota Tagana untuk meningkatkan skill-nya, ditambah memupuk kembali jiwa kerelawanan Tagana dalam menangani korban bencana,” ujarnya kepada depok.go.id, kemarin.

Dikatakannya, dalam menjalankan tugasnya, Tagana harus memiliki ilmu penanganan bencana yang memadai. Untuk itu, dalam beberapa hari kegiatan diisi dengan berbagai macam materi yang berguna dalam mendukung tugas kemanusiaan Tagana di lapangan.

“Ada materi kebijakan Tagana dalam menangani bencana, pelayanan dukungan psikososial, perlogistikan, pembinaan fisik dan mental, ketaganaan, manajemen Shelter, dapur Umum, praktik shelter/tenda pengungsi, dan praktik dapur umum lapangan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan penguatan kepada Tagana  merupakan upaya pemerintah untuk mempersiapkan langkah prabencana dalam mengurangi risiko bencana. Agar nantinya personel Tagana semakin terlatih melakukan penyelamatan dan pemberian bantuan jika bencana terjadi.

“Anggota Tagana ada 40 personel, yang 30 ikut penguatan. Sisanya standby untuk mengantisipasi bencana di Depok,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

 

Diskominfo

Bagikan post melalui :