Warga di lokasi P2WKSS saat dilatih membuat kandang burung dari bahan bambu di kantor Kelurahan Ratujaya, Jumat (11/05). (Foto: Jose/Diskominfo)

depok.go.id- Demi meningkatkan perekonomian warga, sebanyak 30 warga binaan program Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) RW 05, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, mendapatkan pelatihan kriya. Lewat pelatihan yang diberikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Kota Depok, diharapkan akan membuat warga semakin mandiri secara ekonomi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan warga di lokasi P2WKSS. Sasarannya 30 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok,” tutur Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz, di Kantor Kelurahan Ratujaya, Jumat (11/05).

Dikatakannya, melalui kegiatan tersebut pihaknya mengundang narasumber dari Kabupaten Yogyakarta yang berkompeten di bidang kerajinan. Dengan harapan, berbagai ilmu dan pengetahuan yang disampaikan bisa diterima oleh warga binaan dan bisa menjadi usaha sampingan ke depannya.

“Pelatihan kriya ini menggunakan bahan baku bambu yang memang cukup banyak ditemui di wilayah tersebut. Dari bahan bambu ini, para peserta dilatih membuat sangkar burung yang saat ini banyak diminati,” ujarnya.

Lewat pelatihan tersebut, dirinya berharap, para peserta dapat mempraktikkan dan menjadikannya sebagai usaha sampingan. Semua itu, guna meningkatkan ekonomi warga di lokasi P2WKS.

Sementara itu, salah seorang warga binaan P2WKSS, Romi (45) mengatakan, dirinya sangat bersyukur wilayahnya terpilih menjadi lokasi P2WKSS. Menurutnya, berbagai pelatihan yang dia dapatkan, sangat bermanfaat untuk bekal memulai usaha.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat, yang tadinya saya bekerja tidak tetap, tetapi sekarang dengan adanya pelatihan ini bisa menjadi bekal untuk menambah penghasilan bagi keluarga,” tutupnya.

 

Penulis: Jose Marques

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :