Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok rutin memberikan pembinaan kepada seluruh Puskesmas yang akan melakukan proses akreditasi tahun 2018. Pembinaan dilakukan satu kali dalam seminggu kepada 12 Puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Depok.

“Kami selalu mendatangi Puskesmas untuk melakukan pembinaan agar mereka yang akan mengikuti proses akreditasi dapat berjalan dengan maksimal,” tutur Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari kepada depok.go.id, Jumat (11/05).

Enny menuturkan, pembinaan yang dilakukan mengenai penerapan lingkungan Puskesmas yang sehat. Tentu dengan penerapan 5R yaitu resik, rawat, rapih, rajin, dan ringkas. Dengan menerapkan 5R tersebut, dipastikan lingkungan Puskesmas akan selalu bersih dan sehat.

Selain itu, dalam pembinaan yang dilakukan, Dinkes Kota Depok juga mengingatkan Puskesmas untuk melakukan implementasi terkait dokumen yang telah dibuat. Pasalnya, pihak penilai akan mengevaluasi terkait data dan keadaan yang sesungguhnya di lingkungan Puskesmas.

“Kami terus mengingatkan agar Puskesmas dapat berupaya memaksimalkan pelayanan dan keadaan lingkungan yang sehat karena menjadi poin penting dalam penilaian,” tegas Enny.

Dirinya menambahkan, dengan upaya yang dilakukan, diharapkan Dinkes Kota Depok dapat membantu Puskesmas dalam menghadapi proses akreditasi. Dengan begitu, ke depannya semua Puskesmas di Kota Depok dapat terakreditasi dan layanan yang diberikan terus meningkat.

Untuk diketahui 12 Puskesmas yang akan mengikuti proses akreditasi antara lain yaitu Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Pengasinan, UPF Puskesmas Duren Seribu, UPF Puskesmas Rangkapan Jaya, UPF Puskesmas Tanah Baru, UPF Puskesmas Abadijaya, UPF Puskesmas Bhakti Jaya.

Selanjutnya, UPF Puskesmas Vila Pertiwi, UPF Puskesmas Sukatani, UPF Puskesmas Cimpaeun, UPF Puskesmas Tugu, UPF Puskesmas Harjamukti, serta UPF Puskesmas Mekarsari.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :