depok.go.id-Organisasi Pasukan Amal Sholeh (Paskas) Cabang Kota Depok baru satu tahun berdiri. Namun, di usianya yang masih “bayi” tersebut, organisasi ini sudah memiliki program yang bermanfaat bagi masyarakat yaitu, Gerakan Infaq Beras sebanyak 2.225 kilogram beras untuk 24 pondok pesantren binaannya.

Ketua Paskas Depok, Rievandy Achmad menuturkan, Paskas adalah gerakan sosial nirlaba untuk membantu santri dan yatim piatu dalam memenuhi kebutuhan pangan, khususnya beras. Menurutnya, Paskas telah berada di 41 kota, termasuk Kota Depok.

“Anggota Paskas Depok berjumlah 30 orang dari berbagai kalangan. Kegiatan kami berpusat di Masjid Nurul Hikmah Asrama Divisi 1 Kostrad Cilodong. Kami memiliki 1300 anak yatim piatu, duafa, dan penghafal Alquran binaan,” ujarnya kepada depok.go.id, Sabtu (11/05/2019).

Dikatakannya, beras yang disumbangkan awalnya hanya berasal dari para anggota. Seiring berjalannya waktu, kini beras yang dikumpulkan juga berasal dari donasi atau pun donatur yang disebut orang tua asuh dengan semboyan Rp 1000 sehari atau Rp 25.000 per bulan.

“Jumlah beras yang kami distribusikan masih jauh untuk mencukupi para santri. Makanya kami mengajak kerabat lain untuk turut serta memuliakan yatim piatu, duafa dan penghafal Alquran. Mereka adalah golongan hamba Allah yang mendapatkan tempat khusus di sisi Allah,” katanya.

Dirinya menjelaskan, infak beras adalah kegiatan rutin Paskas Depok. Khusus Ramadan tahun ini, pihaknya juga akan menggelar kegiatan Kampung Ramadan Paskas Depok. Dalam acara tersebut, Paskas akan memberikan THR untuk 500 yatim dan hafiz Quran pada 30 Mei 2019 di Masjid Al-Muhajirin Kemang Swatama.

“12 Mei kami akan berbagi bersama santri dan marbut masjid di Yayasan Al-Hijaz Cimanggis, kemudian pada 19 Mei santri dari mustahik menjadi muzaki akan berbagi di simpang Cilangkap Tapos. Bagi masyarakat yang ingin turut membantu, dapat menghubungi narahubung di media sosial Facebook dan Instagram Infaq Beras Depok,” ucapnya.

Penulis: Janet Swastika
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :