seragam sopir

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Depok, Nasrun ZA (Tengah) membagikan serta memakaikan seragam gratis kepada supir angkot jurusan Terminal-Kampung Rambutan, di Terminal Depok, Kemarin (10/06/15).

depok.go.id – Sebanyak 350 seragam sopir angkot dibagikan secara cuma-cuma oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok yang bekerjasama dengan Paguyuban Pengemudi Kebersamaan Kota Depok (PPKKD) di Terminal Kota Depok, kemarin (10/06/15).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan terhadap sopir angkot agar lebih terlihat sopan dan rapi. Sebenarnya, masalah seragam merupakan tanggung jawab pemilik atau pengusaha angkutan. Diharapkan pengemudi mematuhi aturan, yaitu dengan taat menggunakan seragam.

“Sementara, seragam disediakan untuk sopir D112, D07, dan D08 yang diserahkan secara bertahap. D112 sudah kami berikan kemarin,” ujar Sekretaris Dishub, Nasrun ZA yang mengaku hanya menjadi fasilitator kegiatan tersebut.

Pemberian seragam ini ditanggapi positif oleh sopir angkot yang hari itu menerima seragam gratis. ”Biasanya kami pakai kaos biasa, kalau di Jakarta sopir angkotnya sudah berseragam semua, sekarang allhamdulillah kita juga sudah dapat seragam,” tutur Andi, salah satu sopir angkot D112 jurusan Depok-Kampung Rambutan.

Sementara itu pengurus PPKKD, Soleh mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan seragam yang dibagi menjadi dua tipe, yaitu sopir utama dan sopir tembak.

“Kami bedakan antara sopir utama dan sopir tembak. Kalau seragam sopir utama ada nomor sesuai dengan nomor polisi angkotnya. Sementara untuk sopir tembak, cukup polos saja, namun ada stiker PPKKD,” jelasnya.

PPKKD sendiri saat ini sudah memiliki koperasi untuk keperluan para sopirnya, seperti menyediakan baju seragam, membayar jika ada sopir yang terkena tilang dan untuk menyediakan gaji karyawannya.

“Koperasi kami sebenarnya sudah berjalan. Para sopir berinisiatif untuk mengumpulkan empat ribu rupiah tiap harinya untuk keperluan mereka jika diperlukan dikemudian hari,” tambahnya. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :