depok.go.id – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP  PKK) Kota Depok mengadakan monitoring dan evaluasi (Monev) 10 program pokok PKK dan lomba Posyandu tingkat Kota Depok di Kecamatan Sukmajaya. Dalam Monev tersebut, Posyandu Matahari yang berada di RW. 18 terpilih mewakili Kelurahan Abadi Jaya sebagai objek penilaian.

Ketua TP PKK Kota Depok, Nur Azizah Tamhid mengatakan bahwa Monev sekaligus penilaian Posyandu ini memang tiap tahun selalu dilaksanakan. Hal ini karena Posyandu merupakan wadah dari, oleh dan untuk masyarakat terkait dengan peningkatan pendidikan, kesehatan, serta ekonomi.

“Bahkan sekarang fungsinya telah bertambah menjadi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” ujarnya.

Saat ini Posyandu di Kota Depok jumlahnya telah mencapai hampir seribu Posyandu, sehingga rata-rata setiap RW sudah memiliki Posyandu. Ini merupakan hal yang sangat positif karena Posyandu merupakan tempat terdekat masyarakat untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang ringan, fasilitas pendidikan non formal, serta sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga.

“Antara kader Posyandu dan kader PKK harus saling bekerjasama dalam upayanya memberikan pelayanan kesehatan dasar pada masyarakat,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Lurah Abadi Jaya Anis Fatoni mengungkapkan bahwa penilaian ini mengambil dari sisi administrasi Posyandu, Tanaman Obat Keluarga (Toga), kelompok Pemberantasan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Halaman Asri, Tentram, Indah, Nyaman (Hatinya) PKK, dan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Anis, sapaan akrab Lurah Abadi Jaya, memiliki harapan besar agar kelurahan yang dipimpinnya bisa keluar sebagai pemenang di salah satu kategori untuk kemudian mewakili Depok di tigkat Provinsi Jawa Barat.

“Mudah-mudahan bisa menang, minimal di salah satu kategori penilaian, karena itu bisa membawa kebanggan tersendiri bagi warga Abadi Jaya,” akunya. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :