pkk5

Tempat sampah yang disediakan PKK RW 19 di lapangan basket dan halaman Masjid Darrusalam Perumahan Griya Tugu Asri, Cimanggis Depok,

depok.go.id – Upaya menyukseskan program andalan Kota Depok, yaitu Depok Bersih dan Hijau, PKK RW 19 Perumahan Griya Tugu Asri rutin mengajak masyarakat di lingkungannya untuk melakukan pemilahan sampah.

Ketua PKK RW 19, Eni Fitria mengatakan bahwa sampah-sampah yang dipilah nantinya akan dikumpulkan pada bank sampah. Selanjutnya, sampah tersebut akan disetorkan kepada Unit Pengolah Sampah (UPS) untuk jenis sampah yang dapat didaur ulang.

“Kami sudah memberikan himbauan dan membentuk bank sampah sejak satu tahun lalu. Alhamdulillah warga di perumahan ini mengikuti arahan kami,” tutur Ketua Pokja III PKK Kota Depok.

Pada pelaksanaannya, masing-masing rumah disediakan beberapa ember kecil. Wadah tersebut diperuntukkan bagi beberapa jenis sampah, yaitu sampah basah dan kering. Sampah kering sendiri masih dibagi lagi ke beberapa wadah.

“Sampah kertas dan plastik dipisahkan, karena kedua jenis itu dapat dijual pada bank sampah,” tambah wanita yang aktif pada kegiatan PKK sejak 7 tahun silam.

Jenis sampah yang dapat dijual nantinya diangkut oleh bank sampah secara rutin. Adapun pengangkutan dilakukan setiap hari Rabu.

Hingga saat ini, lanjut Eni, sampah kering yang dihasilkan mencapai sepuluh ribu ton. Seluruh sampah tersebut diserahkan ke bank sampah yang berada di belakang Masjid Darussalam, Perumahan Griya Tugu Asri, Cimanggis Depok.

Terakhir, wanita berhijab tersebut berharap, masyarakat di RW 19 dapat terus melakukan pemilahan sampah. Hal ini agar sampah yang dihasilkan dapat terpilah dengan baik. “Semoga warga di sini tetap rajin dan rutin memilah sampah demi Depok yang bersih,” tutup Eni. (Indri Purnama/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :