Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok melepas rombongan peserta mudik gratis angkutan Lebaran tahun 2018, di Terminal Jatijajar, Tapos, Senin (11/06/2018). (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id –  Sebanyak 1130 pemudik gratis dengan 30 bus tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta dan sekitarnya dilepas Wali Kota Depok Mohammad Idris di Terminal Jatijajar, Cimanggis, Depok.

Program mudik gratis yang melibatkan warga Depok ini, bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dengan tujuan memimalisir penggunaan kendaraan roda dua untuk perjalanan mudik.

 “Alhamdulillah, tahun ini Kota Depok kembali diikutsertakan dalam program mudik gratis. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan. Ini merupakan program kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot), kepolisian dan unsur Badan Narkotika Nasional (BNN),” ujar Mohammad Idris, usai melakukan pelepasan peserta mudik gratis di Terminal Jatijajar, Tapos, Senin (11/06/18).

Dikatakannya, Pemkot  Depok ikut berkontribusi dalam program mudik gratis ini. Salah satunya dengan melakukan pengecekan kesehatan terhadap pengemudi, beberapa waktu lalu.

“Kami turun langsung untuk melakukan cek kesehatan di Terminal Depok beberapa waktu lalu. Bekerja sama dengan BNN. Kami pastikan semua bus laik jalan dan pengemudi terbebas dari pengaruh obat-obatan terlarang,” katanya.

Sementara itu, Direktur Angkutan dan Multi Moda Kemenhub, Cucu Mulyana menambahkan, mudik gratis ini tidak hanya untuk Kota Depok saja melainkan juga untuk masyarakat Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Bogor

“Secara keseluruhan, Kemenhub mengerahkan 1130 bus, 70 truk, dengan total penumpang sebanyak 49 ribu. Belum lagi pihak BUMN dan swasta ikut berkontribusi dalam mudik gratis. Total keseluruhan tahun 2018 ini ada 480 ribu penumpang yang mengikuti mudik gratis. Mudah-mudahan setiap tahun bisa kita laksanakan,” harapnya.

Untuk diketahui, Kemenhub menyediakan 32 daerah tujuan mudik gratis. Antara lain Kuningan, Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Padang, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Semarang, Demak, Madiun serta Kudus.

Selanjutnya ada rute ke Pati, Jepara, Blora, Magelang, Yogyakarta, Klaten, Salatiga, Purwodadi, Boyolali, Solo, Wonosari, Wonogiri, Sragen, Cilacap, Kebumen, Wonosobo dan Temanggung. Tak hanya memfasilitasi perjalanan mudik, Kemenhub juga memberikan sarana mudik gratis untuk arus balik di empat rute yaitu Solo, Yogyakarta, Semarang dan Purwokerto.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :