Kepala UPF Puskesmas Villa Pertiwi, Toni Hermawan, (Foto : Diskominfo)

tonidepok.go.id-Tingkat kunjungan masyarakat ke Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Villa Pertiwi setelah Idulfitri 1440 Hijriah, belum menunjukkan peningkatan signifikan. Kunjungan pasien masih dalam kategori normal.

“Pasca-Lebaran jumlah kunjungan pasien belum ada peningkatan yang signifikan. Tanggal 7 Juni jumlah pasien 19 orang, 8 Juni 17 pasien, dan 10 Juni 140 pasien,” tutur Kepala UPF Puskesmas Villa Pertiwi, Toni Hermawan kepada depok.go.id, Selasa (11/06/2019).

Toni menjelaskan, pasien yang berobat didominasi penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Selain itu, ada juga keluhan penyakit lainnya seperti, hipertensi, dan reumatik.

“Untuk hipertensi biasanya disebabkan makanan yang banyak mengandung garam, lemak seperti rendang dan opor. Sedangkan ISPA karena daya tahan tubuh yang menurun akibat pencemaran udara dan debu,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya juga mengimbau masyarakat agar menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Serta memeriksakan kesehatan secara rutin ke Puskesmas.

“Untuk masyarakat yang hipertensi batasi makanan yang tinggi garam, tinggi lemak dan kontrol tensi secara rutin. Kemudian olahraga tiga kali seminggu, istirahat yang cukup, kelola stres, hindari merokok, serta konsumsi buah dan sayur,” katanya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :