Ilustrasi kunjungan warga ke Puskesmas di Kota Depok. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Pusat pelayanan masyarakat (Puskesmas) yang ada di kecamatan dan kelurahan se-Kota Depok masih menjadi pilihan masyarakat untuk berobat. Tercatat, sebanyak 10.143 warga memanfaatkan layanannya selama libur Lebaran 2019.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Rani Martina mengatakan, sebanyak 10.143 masyarakat di Kota Depok masih mengakses pelayanan kesehatan dasar. Masyarakat masih memberikan kepercayaan kepada Puskesmas untuk mengatasi gangguan kesehatan.

“Total sebanyak 10.143 warga mengakses pelayanan kesehatan di puskesmas kelurahan dan kecamatan yang ada di Kota Depok selama cuti bersama libur hari raya Idulfitri 1440 Hijriah,” kata Rani, Selasa (11/06/2019).

Lebih lanjut, ucapnya, perolehan data tersebut berdasarkan hasil laporan semua Puskesmas di Kota Depok, baik tingkat kecamatan dan kelurahan. Dinkes pun menghimpun data warga yang berobat di Puskesmas mulai dari tanggal 1 hingga 9 Juni 2019.

Dikatakannya, rata-rata masyarakat yang datang ke Puskesmas mengalami gangguan kesehatan hipertensi, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), common cold (flu), gangguan lambung, hingga radang tenggorokan.

Terakhir, Rani menuturkan, kunjungan masyarakat ke Puskesmas didominasi pada pagi hari. Namun, pelayanan Puskesmas selama libur Lebaran tetap beroperasi selama 24 jam.

“Berdasarkan data kami paling banyak pada pagi hari. Tetapi tidak menyurutkan para petugas kesehatan untuk bersiaga selama 24 jam,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :