Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang saat ini bergerak semakin cepat dan massif, telah memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi seluruh umat manusia. Dengan kehadiran internet misalnya, kini seluruh masyarakat di dunia bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi secara cepat, mudah, dan murah. Saking mudahnya, banyak orang yang mengatakan bahwa “dunia berada dalam genggaman” bila kita sudah mampu memanfaatkan peralatan TIK ini secara optimal. Karena itu, meskipun dinilai telah banyak membawa dampak negatif, namun pesatnya perkembangan TIK juga telah memberikan banyak sekali dampak positif dalam berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, hingga pemerintahan.

Menyadari pentingnya peran TIK dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, Walikota Depok, H. Nur Mahmudi Ismail, menyampaikan harapannya untuk bisa bekerja sama dalam mengembangkan program Depok Cyber City dengan pihak Kagoshima, Jepang. Dalam kunjungan yang dihadiri secara langsung oleh Walikota Kagoshima, Hiroyuki Mori tersebut, Walikota Depok juga memaparkan bahwa saat ini Kota Depok tidak akan membuat industri yang berbasis polusi tinggi. Jika dari Jepang ingin berinvestasi, bisa dalam bentuk pengembangan industri kreatif.

“Kita bisa membangun bersama-sama pendidikan yang tinggi, ilmu, serta teknologinya baik dari basis komputer, basis programer, basis 3D, dan basis kreatif lainnya. Saat ini Depok sedang mengembangkan Cyber City. Besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dengan Kagoshima untuk menyukseskan Depok Cyber City” ujar walikota Depok. Terkait pengembangan Depok Cyber City ini, Walikota Kagoshima, Jepang, Hiroyuki Mori dengan antusias menyatakan ketertarikannya untuk bekerja sama.

Cyber City merupakan istilah untuk sebuah kota yang sudah memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan pemerintahannya, sekaligus menyediakan akses ke jaringan dan infrastruktur berbasis internet untuk seluruh masyarakatnya. Khusus dalam bidang pemerintahan, penerapan TIK ini tentu sangat membantu untuk meningkatkan efektifitas pelayanan bagi masyarakat. Dengan adanya beberapa instansi yang memberikan layanan secara online kepada masyarakat seperti e-KTP, e-Procurement, e-Budgeting, e-Education dan sebagainya, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pencarian informasi dan pembayaran secara online.

Sebagai kota yang memiliki program unggulan sebagai Cyber City, hingga kini pemerintah kota (Pemkot) Depok terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memanfaatkan peralatan TIK secara maksimal, seperti membuat situs resmi Pemkot Depok, www.depok.go.id yang menyediakan fasilitas call center untuk menampung dan menjawab pengaduan dari masyarakat, memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat melalui website untuk masing-masing Organisasi Perangkat Dinas (OPD), menggalakkan program e-KTP, dan berbagai layanan lainnya yang bisa diakses secara online.

Upaya Pemkot Depok untuk memberikan pelayan prima kepada masyarakatnya ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik secara efektif dan efisien, juga bisa membantu memperbaiki organisasi, sistem manajemen, dan proses kerja pemerintah agar lebih transparan, sinkron, selaras, dan tidak tumpang tindih. Dengan terciptanya hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, ke depannya, diharapkan akan tercipta langkah yang sinergis untuk mempercepat terealisasinya Depok sebagai Cyber City. (Rita/Diskominfo)

Bagikan post melalui :