Kepala UPT BBI DKPPP Kota Depok, Nur Hidayat. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id –  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok baru saja menetaskan 150 ribu benih ikan. Nantinya, benih tersebut akan dipelihara, sampai usia benih siap untuk didistribusikan ke petani ikan.

“Alhamdulillah, kita baru saja menetaskan 150 ribu benih ikan yang terdiri dari 50 ribu benih ikan nila dan 100 ribu benih ikan lele. Usianya saat ini baru dua pekan. Untuk proses pendistribusian benih ke petani, usia ikan harus cukup, sekitar dua sampai tiga bulan dengan ukuran sepanjang 9-10 cm,” ujar Kepala UPT BBI DKPPP Kota Depok, Nur Hidayat, di ruang kerjanya, Rabu (11/07/18).

Dikatakannya, 50 ribu benih ikan nila ditetaskan dari 500 indukan, sedangkan untuk 100 ribu benih ikan lele ditetaskan dari 10 pasang. Namun sangat disayangkan, diakuinya untuk ikan gurame belum bisa bertelur, karena saat ini gurame tengah mengalami masa kempes telur.

“Untuk gurame, dari bulan April sampai bulan Juli ini belum ada panen, karena lagi masa kempes telur induknya. Ini bisa terjadi karena faktor fluktuatif cuaca, jadi saat ini masih kita istirahatkan sampai memungkinan untuk dipijah,” katanya.

Nantinya, lanjut Nur, benih ikan tersebut akan didistribusikan kepada petani ikan yang mengajukan secara berkelompok. Untuk jumlahnya dibatasi maksimal 10 ribu ekor benih per kelompok, mengingat terbatasnya benih yang dimiliki BBI.

“Maksimal 10 ribu benih per kelompok, karena jumlahnya terbatas dan kami juga bekerja sama dengan beberapa lembaga maupun sekolah untuk pendistribusian. Selain itu, kami juga kerap menyebar benih ikan ke situ untuk menjaga ekosistem alam,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :