Puluhan kader PKK mengikuti pelatihan pengelolaan arsip, Kamis (11/07/2019). 

depok.go.id. Puluhan Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di kelurahan dan kecamatan Sukmajaya mendapatkan pelatihan pengelolaan kearsipan. Kegiatan yang dimotori Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok tersebut, dilakukan agar kader dapat melakukan pengelolaan arsip mulai dari pribadi maupun kelembagaan.

“Kader PKK rata-rata merupakan perempuan yang mengurus kelembagaan PKK dan rumah tangga. Jadi diharapkan nantinya mereka dapat melakukan penataan arsip tersebut,” tutur Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah saat Pelatihan Kearsipan bagi TP PKK Kecamatan dan Kelurahan di aula Balai Pelatihan Tenaga Koperasi (Balatkop), Kamis (11/07/2019).

Dikatakan Siti, dalam pelatihan, semua kader PKK diberikan sosialisasi terkait pentingnya melakukan penataan arsip. Mengingat, setiap arsip yang dimiliki harus tersusun rapi dan tertib agar terus memiliki nilai.

Lebih lanjut, ucapnya, dalam kelembagaan PKK, kader dapat menata arsip terkait data kesehatan ibu dan anak, kesertaan masyarakat dalam menyukseskan program Keluarga Berencana (KB), maupun data terkait lansia di wilayahnya. Untuk arsip pribadi, sebagai ibu harus melakukan penataan arsip, baik administrasi kependudukan atau pun arsip kepemilikan tanah.

Terakhir, melalui pelatihan ini diharapkan para kader dapat mulai melakukan penataan arsip secara tertib. Selain juga dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait penataan arsip tersebut.

“Semoga para kader ini dapat menyampaikan kembali ke masyarakat untuk ditindaklanjuti. Kemudian juga turut serta melakukan penataan arsip secara tertib,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :