photo-pin-4

Pemberian imunisasi oleh petugas kesehatan. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Vitamin A sangat penting diberikan kepada bayi dan balita. Pasalnya dapat berfungsi untuk kesehatan dan kekebalan tubuh, serta untuk kesehatan mata. Namun, dalam pemberiannya dianjurkan sesuai dengan dosis karena akan berdampak pada tubuh bayi atau pun balita.

“Vitamin A mengalir dalam lemak, sehingga tidak boleh kekurangan atau pun kelebihan,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanti Lies saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Adapun dampak yang paling menonjol dari kekurangan vitamin A yaitu penglihatan pada mata, gangguan pada kulit, serta lebih mudah terserang penyakit karena memiliki imun yang lemah.

Sedangkan untuk kelebihan Vitamin A memang jarang ditemui. Efek yang dirasakan bagi yang kelebihan vitamin ini yaitu keracunan. Ini akan terjadi jika mengonsumsi lebih dari 10 kali dosis yang dianjurkan.

Mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok tersebut berharap para orangtua dapat memperhatikan asupan Vitamin A bagi anaknya. Tentunya dengan dosis sesuai anjuran.

“Ada perbedaan dosis vitamin bagi bayi dan balita. Jangan sampai salah karena akan berdampak buruk kepada anak kita,” tutup Lies seraya berpesan. (Indri/ Ed: Siti Rahma, Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :