depok.go.id – Berdasarkan Instruksi Mendagri nomor 61/2911/Sj/2016 sebagai tindak lanjut PP Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Walikota Depok Mohammad Idris berencana akan melakukan perombakan dan penggabungan Dinas. Nantinya, akan ada beberapa Dinas yang digabungkan dan ada juga kantor yang berubah menjadi Dinas.

“Dinas Kebersihan dan Pertamanan rencananya akan dimerger dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, sedangkan untuk Korpri masih kami kaji lagi,” ujarnya.

Idris juga menambahkan, nantinya tidak ada lagi Lembaga Kantor di dalam Pemerintahan, seperti Kantor Arsip dan Perpustakaan nantinya akan menjadi Dinas. Sementara itu untuk Badan, tidak ada kecuali yang penunjang seperti BPMK itu nantinya akan menjadi Dinas.

“Sedangkan untuk Kesbangpol, masih dalam kajian Pemerintah Pusat. Wacananya memang akan diambil alih oleh Kementerian Dalam Negeri,” ucap Idris.

Untuk urusan Dinas Umum, Perumahan dan Permukiman karena memang arahannya dari Pusat maka nantinya akan dibedakan urusannya. Skor Dinas PU di Depok itu nilainya 956 sehingga PU akan dibagi menjadi dua. Untuk PU dalam hal ini BMSDA seperti jalan, jembatan, sumber daya air dan dirinya berencana akan usulkan Dinas Bangunan.

Meski demikian pihaknya mengaku hal tersebut masih dalam pembahasan dengan DPRD.

“Ini semua masih dalam pembahasan dengan Dewan. Kami sudah usulkan tinggal bagaimana kesepakatannya. Kalau tambah Dinas kan berhubungan dengan anggaran. Tentu akan ada penambahan kantor, penambahan SDM, penambahan uang tunjangan jabatan dan itu semua mesti dipikirkan,” tandasnya. (Rysko/ Ed: Siti Rahma, Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :