kesbangpol

Kepala Kantor Kesbangpol, Taufan Abdul Fatah (tengah) saat menyampaikan materi dalam kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan bagi siswa SMA/ SMK di Vila Bukit Hambalang, Citeureup Bogor, Kamis (11/8/2016)

depok.go.id – Upaya mengembalikan rasa nasionalisme dan cinta tanah air yang semakin memudar pada generasi muda, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok menggelar kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan bagi siswa SMA/ SMK dalam rangka peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 tingkat Kota Depok di Vila Bukit Hambalang, Citeureup Bogor, Kamis (11/8/2016).

Kegiatan yang rencananya dilaksanakan selama dua hari tersebut, kini memasuki tahun keempat, di mana acara ini bertujuan untuk memulihkan rasa nasionalisme yang cukup mengkhawatirkan di kalangan pelajar khususya.

“Program pendidikan wawasan kebangsaan itu dasarnya adalah Permendagri nomor 71 tahun 2012 tentang pedoman pendidikan wawasan. Karena kondisi saat ini, nasionalisme dan rasa cinta Tanah air terhadap bangsa mengkhawatirkan, jadi Permendagri lahir untuk mengantisipasi itu. Sasarannya adalah generasi muda sebagai penerus bangsa,” ujar Kepala Kantor Kesbangpol, Taufan Abdul Fatah.

Ia menambahkan, jika tahun lalu pemilihan perwakilan peserta dilihat dari sekolah yang rawan tawuran, untuk tahun ini difokuskan pada 20 sekolah SMA/ SMK Negeri dan beberapa sekolah swasta dengan menghadirkan perwakilan lima orang dari masing-masing sekolah. Adapun bentuk kegiatan yang akan berlangsung yaitu materi wawasan kebangsaan, outbond, game merah putih, diskusi kebangsaan, pemberian motivasi, siraman rohani, api unggun dan sesi curhat.

“Diharapkan siswa-siswi ini mampu menyampaikan apa yang dia dapat selama berada di sini kepada rekan-rekan osis untuk nantinya disampaikan kembali kepada adik kelasnya. Semoga mereka bisa menjadi kader pembina wawasan kebangsaan di masing-masing sekolah,” pungkasnya. (Vidyanita/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :