posyandu sebagai pusat informasidepok.go.id – Posyandu sudah dikenal sejak lama sebagai sentra pelayanan kesehatan dasar bagi Balita dan ibu. Kini, Posyandu dituntut untuk juga mampu menyediakan informasi lain serta menjadi sentra kegiatan. Inilah yang diungkapkan Sekretaris Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Euis Sutrisno pada penilaian dan evaluasi Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat, di Posyandu Edelweis 9, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo. 

Di sana disebutkan, pengintegrasian layanan sosial dasar di Posyandu adalah suatu upaya mensinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga, serta kesejahteraan sosial. 

Di hadapan kader Posyandu Edelweis 9, Euis mengingatkan kewajiban bagi semua orang, baik orangtua, dan kader Posyandu, atau PKK untuk mempersiapkan sumber daya manusia generasi penerus yang unggul dan berdaya saing.

“Posyandu adalah sebuah upaya yang sejak lama ada, tetapi harus terus diperbarui agar semakin tajam mengasah generasi muda,” tandasnya.

Ia juga menambahkan, bukan hanya masalah kesehatan dasar saja yg diberikan Posyandu, tetapi harusnya ada paradigma baru mengenai Posyandu, yaitu pusat keutamaan atau dalam bahasa Sunda dikenal dengan‘Puseur Kautamian’. 

‘Puseur Kautamian’ ini maksudnya Posyandu harus mampu berfungsi sebagai pusat informasi dari berbagai kebutuhan masyarakat, tidak hanya ibu dan anak.

“Untuk itulah, dibutuhkan bantuan dan dukungan dari semua pihak  sehingga yang diharapkan Posyandu sebagai ‘Puseur Kautamian’ dapat terealisasi,” tutup Euis. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :