Suasana pelatihan pengisian data Dinas Sosial. ( Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menggelar kegiatan pelatihan pendataan berbasis mobile Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PKMS) kepada para kader dari 11 kecamatan. Dengan sistem ini, Dinsos akan memiliki basis data yang bisa diinput dan diakses kapan saja.

Kepala  Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, pelatihan pendataan tersebut untuk pemuktahiran data di Dinas Sosial.

“Kami bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), para kader diberikan pelatihan menginput data melalui open data kit pakai gawai,” ujarnya kepada depok.go.id di aula lantai 1, Balai Kota Depok, Rabu (11/09/2019).

Dirinya menjelaskan, data yang akurat, berkualitas dan mutakhir dalam mendukung program pemerintah merupakan suatu hal yang mutlak. Menurutnya, percepatan pertumbuhan penduduk yang cepat membuat pendataan secara manual tidak memungkinkan lagi.

“Kita memanfaatkan era digital. Program ini telah dua kali diberikan, yang pertama pada tahun 2018. Namun, pendataan harus terus diperbarui setiap saat. Ini penting untuk menjalankan program pemerintah,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, untuk menghasilkan data yang akurat membutuhkan proses input yang benar.  Untuk itu, pihaknya memandu para kader agar dapat melakukan pendataan secara digital dan setiap saat secara baik.

“Kurang lebih ada 63 kader yang kita beri pelatihan menggunakan open data kit, dan jenis PMKS apa saja yang dapat diinput,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :