depok.go.id – Salah satu bentuk kepedulian serta kecintaan terhadap kali ciliwung yang ada di Kota Depok, Universitas Indonesia bekerjasama dengan Komunitas Ciliwung mendirikan Saung Pustaka Air Cikambangan Depok di Kampung Cikambangan RT 03/04, Kalimulya, Cilodong Depok, Minggu (11/10/2015).

Ketua Program Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Ismala Dewi, mengatakan bahwa saung ini dibuat sebagai taman baca bagi seluruh elemen yang ada di lingkungan tersebut. Selain itu, sejalan dengan perkembangan saat ini, saung tersebut juga menjadi sentra edukasi penggiat bagi para komunitas yang peduli terhadap sungai ciliwung. 

“Ini tidak hanya sebagai taman baca saja, melainkan juga edukasi untuk semua pihak, baik komposter, pemilah sampah, pedongeng, maupun pelukis,” tutur dosen di Fakutlas Hukum UI tersebut.

Saung yang berada di pinggiran aliran sungai ciliwung ini nantinya akan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh pemotor utama, yaitu Universitas Indonesia. Pihaknya akan membuat berbagai program yang berkelanjutan demi mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat sekitar.

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, yang dalam hal ini meresmikan saung tersebut mengungkapkan bahwa hingga kini seluruh pihak baik pemerintah, komunitas, dan masyarakat saling berkolaborasi untuk berupaya melakukan pengamanan dengan mengoptimalisasikan potensi di sekitar kawasan sungai ciliwung. Tentunya sebagai kawasan edukasi, observasi, dan pariwisata.

Lebih lanjut, pemimpin Kota Belimbing ini berharap seluruh elemen terkait dapat lebih memanfaatkannya sebagai tempat untuk berkumpul, bertemu, serta membagikan potensi sosial ke masyarakatannya, sehingga mampu meningkatkan keharmonisan untuk menjaga lingkungan.

“Semoga semangat dan tekad dalam melestarikan dan menjaga sungai ciliwung ini terus dilakukan oleh seluruh kalangan agar lingkungan di sekitar sungai tetap asri dan terjaga,” ujar mantan Menteri Kehutanan di era Abdurrahman Wahid ini. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim ini – Diskominfo).

Bagikan post melalui :