depok.go.id – Musim penghujan sudah tiba, bahaya banjir pun mengintai. Khusus di Kota Depok setidaknya terdapat lima titik rawan banjir yang harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat Depok.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda), Manto, menginformasikan bahwa kelima lokasi rawan banjir tersebut antara lain perumahan Taman Duta yang dilewati kali laya, Perum Bukit Cengkeh yang dilewati aliran kali laya, Perum Sawangan Asri yang dilewati kali pesanggrahan, Perum BSI yang dilewati kali angke dan Vila Pamulang yang dilewati kali angke serta perumahan Kopasus yang dilewati kali kompeni.

“Kelima wilayah tersebut sebenarnya sudah dibersihkan secara rutin oleh Satgas banjir kami, tetapi apabila musim hujan tiba banyak sedimen atau lumpur yang mengakibatkan mampetnya saluran air,” ujar Manto.

Mantan Kepala Bagian Umum Kota Depok itu mengatakan pada dasarnya sudah banyak program dan aktivitas yang dilakukan oleh Bimasda dalam mempersiapkan datangnya musim hujan ini, seperti melakukan penataan drainase lingkungan di 151 titik yang tersebar di 11 kecamatan se-Kota Depok maupun dilakukan pembangunan dan perbaikan jembatan sejumlah 27 buah. Selain itu, perbaikan turap juga menjadi konsentrasi Bimasda dalam menyambut musim tahunan ini.

“Semua itu dilakukan demi memperlancar aliran air ke kali sehingga bisa terhindar dari keadaan banjir,”  tambahnya.

Manto mengimbau kepada seluruh warga Depok dalam rangka mencegah banjir untuk tidak membuang sampah ke kali, serta senantiasa mengadakan kerja bakti membersihkan saluran air di sekitar lingkungan rumah masing-masing. Menurut Manto, kepedulian dalam menjaga kebersihan saluran air bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemkot Depok saja tetapi menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :