depok.go.id – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok meminta masyarakat untuk merajut kebersamaan pasca Pilkada Depok. Kepala Kesbangpol Kota Depok, Taufan Abdul Fatah, mengajak masyarakat untuk mengokohkan kembali persatuan dan kesatuan, pererat dan tautkan silaturahmi setelah pencoblosan 9 Desember lalu.

“Sebagai tugas kami menjadi sebuah keharusan, karena kita mengawal bangsa ini atau kota ini untuk tetap menjadi masyarakat yang bersatu, utuh, kondusif,” kata Taufan, Jumat, (11/12/2015).

Menurutnya Pilkada adalah pesta rakyat yang bertujuan untuk memilih calon pemimpin yang siap menyejahterakan masyarakat ke arah yang lebih baik. Bukan untuk kepentingan kelompok, namun demi kepentingan masyarakat banyak. Oleh karenanya, masyarakat tetap harus menjalin kebersamaan, meski jagoan calonnya kalah.

“Perbedaan pendapat di pesta demokrasi adalah hal yang biasa, namun jangan sampai hal itu kebablasan. Masyarakat harus cerdas menyikapi kalah menang calon pilihannya,” ucap Taufan.

Taufan menyatakan bahwa peran para tokoh-tokoh sangat sentral untuk mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpecah belah saat pengumuman pemenang sudah ada. Hal tersebut karena menurutnya tokoh agama, tokoh masyarakat atau komunitas memiliki peran besar dalam meredam gejolak yang tidak diinginkan.

“Para tokoh masyarakat harus bisa menenangkan warga, mereka memiliki peran yang besar untuk itu. Intinya harus dipahami bahwa siapapun yang menang, memiliki misi dan visi untuk kepentingan seluruh masyarakat Depok,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :