depok.go.id – Tingkat kesehatan dan kebugaran PNS akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dalam melayani masyarakat. Terkait hal tersebut Dinas Kesehatan melalui Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Kota Depok saat ini sedang membuat evaluasi pemeriksaan kesehatan para PNS khususnya yang ditugaskan di luar Balai Kota Depok.

“Sekarang sedang diadakan pemeriksaan keliling dengan pengukuran berat badan, tinggi badan, gula darah, kolesterol, dan tensi darah untuk setiap ASN yang berada di luar balai kota,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Kota Depok, Zakiah, Jumat (11/12/2015).

Dokter lulusan Universitas Padjadjaran Bandung itu mengatakan bahwa pemeriksaan para ASN dilaksanakan di tiap Puskesmas dan akan berakhir sekitar tanggal 15 Desember 2015 mendatang.

Menurut Zakiah, kesehatan kerja merupakan salah satu hak pegawai dengan mendapatkan pemeriksaan kesehatan di awal bekerja, di masa akhir, atau sebelum pensiun dan saat bekerja secara berkala. Maka dari itu pemeriksaan ini dalam rangka promotif dan preventif serta mendukung program kesehatan kerja.

“Agar bila terdapat hasil yang tidak normal bisa dijadikan early sign buat PNS supaya segera mencari pengobatan lebih lanjut,” kata Zakiah.

Selain itu, sambungnya, pemeriksaan ini juga dapat sebagai evidence based planning untuk stakeholder terkait. Jika ternyata hasilnya banyak yang obesitas, bisa direspon program dengan mencari program yang tepat, sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan kinerja dan produktivitas PNS dalam melayani masyarakat.

“Kami akan  memasukan pemeriksaan kesehatan mental, dalam program tahun depan. Jadi ke depannya yang kami periksa tidak hanya kesehatan jasmani, tetapi kesehatan mental, menggunakan instrumen pemeriksaan kejiwaan yang praktis,” tutupnya. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :