pohon bermakna

Spanduk yang berlatar belakang pepohonan bertuliskan “Ayo.. Kerja Tanam dan Pelihara PO2H2ON untuk Hidup yang Lebih Baik”. (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id – Spanduk yang berlatar belakang pepohonan tersebut dituliskan “Ayo.. Kerja Tanam dan Pelihara PO2H2ON untuk Hidup yang Lebih Baik”.

“Ini menarik perhatian saya, dengan menambahkan beberapa kata sudah mewakilkan makna dari pohon itu sendiri,” tutur Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, saat memberikan komentar pada spanduk yang digunakan dalam acara tersebut.

Dalam hal ini, setiap huruf yang tertera pada kata ‘PO2H2ON’ tersebut mengandung makna yang berbeda-beda. Makna tersebut merupakan unsur yang ada dalam pohon. Untuk huruf P merupakan lambang dari unsur fosfor. Fosfor merupakan unsur hara yang dibutuhkan pohon untuk tumbuh dan berkembang.

Selanjutnya  O2 berarti lambang dari unsur Oksigen. Oksigen merupakan senyawa yang dihasilkan pohon dan sangat dibutuhkan oleh manusia. Huruf selanjutnya yaitu H2O yang berarti air. Senyawa ini juga dihasilkan pohon dan diperlukan manusia.

Terakhir, yaitu huruf N yang merupakan lambang Nitrogen. Unsur ini dibutuhkan pohon untuk menyusun klorofil guna melakukan reaksi fotosintesis yang menghasilkan protein. Protein sendiri diperlukan tumbuhan di bagian protoplasma, klorofil, enzim, hormone dan cadangan makanan.

“Penulisan ini dapat menjadi pengetahuan bagi kita akan unsur-unsur yang dibutuhkan atau dikeluarkan oleh pohon, sehingga seseorang yang membacanya dapat mudah mengetahui. Penulisan ini patut menjadi contoh untuk penulisan kata yang lain sebagai tambahan informasi bagi semua masyarakat,” tutup Pemimpin Kota Belimbing. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :