Lurah Cilodong, Nyoman Budiarsa

Lurah Cilodong, Nyoman Budiarsa. (Foto: Jose/Diskominfo)

depok.go.id – Untuk mengantisipasi kasus pencurian rumah kosong (rumsong), warga Cilodong yang akan mudik saat Natal pada 25 Desember 2017 diimbau menitipkan rumah kepada tetangga dan melapor ke Rukun Tetangga (RT) setempat. Langkah antisipasi ini perlu dilakukan, mengingat kasus pencurian rumsong kerap terjadi saat lingkungan sepi ditinggal mudik.

“Biasanya rumah yang ditinggal mudik rawan pencurian, sehingga bagi mereka yang mau mudik diharapkan bisa menitipkan rumahnya kepada tetangga dan melapor ke RT agar tetap terus dipantau,” kata Lurah Cilodong, Nyoman Budiarsa kepadadepok.go.id, Senin (11/12/17).

Imbauan ini disampaikan Nyoman, karena menjelang Natal warganya yang Kristiani akan mudik ke kampung halaman bersama keluarga, dan ini tentu saja akan mengakibatkan banyak rumah yang kosong. Bersamaan dengan itu pula aktivitas pencurian rawan terjadi selama rumah tersebut terlihat tak berpenghuni. Karena itu, peran tetangga sangat penting sekali, untuk saling membantu menjaga keamanan.

“Kami ingin di wilayah Cilodong tetap kondusif, tanpa adanya kasus pencurian. Untuk itu, saya minta juga agar saling menjaga rumah tetangganya yang ditinggal mudik,” tuturnya.

Di samping itu, selain mengantisipasi pencurian, para pemudik juga diimbau untuk kembali memeriksa berbagai sambungan listrik, mencopot kompor gas, dan mematikan air agar tidak menyala sebelum ditinggal mudik.

“Selain rumsong rawan pencurian, di lain pihak juga rawan akan bencana seperti kebakaran, akibat pemudik yang lupa mengecek terlebih dahulu rumahnya saat hendak ditinggal mudik,” tutupnya.

Penulis : Jose

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :