BKPSDM Depok mengadakan sosialisasi aplikasi ANJAB dan ABK di Hotel Santika, Selasa (11/12/18). (Foto: Diskominfo)

depok.go.id- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mensosialisasikan aplikasi Analisis Jabatan (ANJAB) dan Analisis Beban Kerja (ABK) kepada operator di setiap Perangkat Daerah (PD). Pasalnya, aplikasi tersebut akan diterapkan di setiap PD mulai tahun 2019.

Kepala Bidang Perencanaan, Data dan Administrasi, BKPSDM Kota Depok, Budiyono mengatakan, dalam pelaksanaan analisis jabatan dan analisis beban kerja di setiap unit kerja organisasi daerah akan lebih sempurna jika diimbangi dengan sentuhan teknologi informasi dalam setiap implementasinya. Untuk itu, pihaknya membuat aplikasi tersebut guna memudahkan dalam bidang perencanaan pegawai.

“Salah satu prioritas reformasi birokrasi di bidang perencanaan pegawai adalah dengan melakukan analisis jabatan dan analisis beban kerja yang hasilnya berupa uraian jabatan. Uraian jabatan ini nantinya menjadi dasar untuk melakukan berbagai kegiatan manajemen di bidang kepegawaian,” ujarnya kepada depok.go.id, usai membuka kegiatan sosialisasi Aplikasi ANJAB dan ABK di Hotel Santika, Selasa (11/12/18).

Dirinya menjelaskan, terdapat banyak manfaat dengan menggunakan aplikasi ini. Diantaranya, membantu pemerintah dalam pembangunan, terutama bagi penyediaan data dalam penyusunan kebijakan perencanaan terkait aparatur pelaksana pemerintahan.

“Untuk itu, sangat penting dalam membuat dan menyusun dokumen analisis jabatan dan analisis beban kerja berbasis elektronik. Sebab, prosesnya lebih mudah, lebih cepat, dan efisien,” katanya.

Dirinya menambahkan, melalui aplikasi tersebut, diharapkan dapat memudahkan dalam proses penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja pejabat daerah dalam mendukung tugas dan fungsi di setiap unit kerja. Dengan begitu, tujuan penataan sumber daya aparatur dapat tercapai dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akuntabel dan profesional dapat terwujud.

“Mudah-mudahan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara serius, sehingga nantinya diaplikasikan di lingkungan kerjanya,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :