Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Yulia Oktavia.

depok.go.id- Capaian Kota Depok yang meraih peringkat Nindya untuk Kota Layak Anak (KLA), salah satunya karena faktor eksistensi Forum Anak Depok yang telah terbentuk di tingkat kota, 11 kecamatan dan 6 kelurahan. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan kesiapan beberapa kelurahan lain di Kota Depok.

Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Yulia Oktavia mengatakan, enam kelurahan yang sudah memiliki Forum Anak yaitu Kelurahan Cisalak Pasar, Mekarjaya, Pondok Petir, Cisalak, Grogol, dan Bojongsari Baru. Tanggal 12-19 Desember mendatang DPAPMK akan menambah Forum Anak Kelurahan yang akan dibentuk di 5 kecamatan yakni Kecamatan Cimanggis, Pancoran Mas, Bojongsari, Cilodong, dan Cinere.

“Dari satu kecamatan itu akan ada 2 Forum Anak Kelurahan yang dilantik, target kita tahun 2019 mendatang minimal 50 persen kelurahan sudah ada forum anaknya,” ujar Yulia, dijumpai usai menerima kunjungan kerja Pemkot Cimahi di Gedung Dibaleka 2, Selasa (11/12/2018).

Dirinya berharap, dengan terbentuknya Forum Anak Kelurahan bisa semakin mendukung program KLA yang terintegrasi dengan semua elemen berbasis pemenuhan hak anak. Serta nantinya bisa membawa program KLA ke dalam Musrenbang dengan melibatkan Forum Anak, sehingga program berbasis pemenuhan hak anak dapat terealisasi.

“Output yang kita inginkan terbentuk Forum Anak minimal 7 sampai 10 anggota yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan minimal 2 bidang yang mencakup 5 klaster yang kemudian akan di SK-kan oleh lurah,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :