Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok menggelar kegiatan Gerakan Makan Sayur dan Buah di Halaman SDN 4 Ratu Jaya, Cipayung, Senin (10/12/2018). (Foto : Asyril/Diskominfo)

depok.go.id-Upaya menjaga kesehatan siswa dari jajanan yang tidak sehat jadi perhatian serius SDN Ratujaya 4, Cipayung. Bahkan, di tahun 2019 siswa diminta membawa bekal dari rumah dengan menu 4 sehat 5 sempurna yang antara lain terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah.

“Beberapa tahun lalu kami pernah menjalankan program tersebut. Insya Allah, mulai tahun 2019 rencananya kami akan geliatkan lagi kegiatan bawa bekal yang sempat vakum,” ujar guru Pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SDN Ratujaya 4, Kecamatan Cipayung, Yulimah, di ruang kerjanya, Selasa (11/12/18).

Dikatakannya, upaya ini dilakukan seiring dengan program gerakan makan sayur dan buah yang digaungkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok dengan menyasar seluruh siswa di Kota Depok.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan tersebut, nantinya anak-anak semakin paham akan manfaat makan sayur dan buah. Sehingga anak yang tadinya tidak suka, menjadi suka setelah mendapat pengetahuan dan pembelajaran tentang manfaat makan sayur dan buah,” ucapnya.

Diakuinya, pihaknya juga kerap memberikan sosialisasi kepada siswa untuk membawa makanan dari rumah dan menghindari jajan sembarangan. Imbauan ini bertujuan agar siswa bisa memilih makanan yang bersih dan sehat.

“Sosialisasi terus kami lakukan agar mereka lebih mengerti dan dapat memilih mana makanan yang bersih, sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi siswa yang terserang penyakit akibat jajan sembarangan,” katanya.

Sementara itu, Razita, siswa kelas IV, menyambut positif imbauan pihak sekolah. Dirinya berharap, melalui kegiatan tersebut, selain bisa menyehatkan badan juga tercipta silaturahmi dengan sesama teman.

“Senang sekali kalau ada program bawa bekal bersama. Karena nanti teman-teman bisa tukar-tukaran lauk atau sayur. Jadi semakin akrab,” pungkas siswa yang juga menjabat sebagai Ketua Dokter Kecil SDN Ratujaya 4 tersebut.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :