Ratusan guru SD menyimak pemaparan dari salah satu pemateri di Workshop Inovasi Pendidikan di Dibaleka II, Lantai 10, Rabu (11/12/19). (Foto: Pipin /Diskominfo)

depok.go.id – Sebanyak 180 guru SD negeri dan swasta di Kota Depok hari ini mengikuti Workshop Inovasi Pendidikan (WIP). Kegiatan yang diinisiasi SDN Depok Baru 8, Pancoran Mas dan Lembaga Pelatihan Smart Cendekia ini, mengajak peserta memahami proses pembelajaran dan mengoptimalisasi kinerja otak siswa, khususnya terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Ketua Penyelenggara WIP, Sulistyowati Triasih mengatakan, SDN Depok Baru 8, merupakan salah satu sekolah inklusi di Depok. Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin menyamakan persepsi tentang adanya perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik, baik yang reguler maupun ABK.

“Dengan memahami kondisi setiap siswa, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Termasuk meningkatkan mutu tenaga pendidik dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),” katanya di Balai Kota Depok, Rabu (11/12/19).

Lebih lanjut, ucapnya, workshop ini menghadirkan berbagai narasumber yang pakar baik di bidang pendidikan maupun neurologi. Seperti  Pakar Neuro Parenting Amir Zuhdi yang membahas tentang optimalisasi kinerja otak, serta Pembicara Bidang Pendidikan Tingkat Nasional Muhammad Fajri yang membahas mengenai penerapan logika matematika dalam berpikir pada siswa.

Tak hanya itu, ujar Sulistyowati, pihaknya juga menghadirkan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok yang membahas tentang Sekolah Ramah Anak (SRA). Materi ini dinilai penting untuk disampaikan, karena SRA tidak hanya berbicara mengenai fasilitas, namun juga tenaga pendidik yang mampu memahami karakteristik anak didik.

“Dengan demikian, diharapkan pemahaman guru terkait konsep dasar pengajaran lebih komprehensif. Selain itu, mudah-mudahan dengan berbagai materi ini, keterampilan guru dalam mengajar dapat terus ditingkatkan,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :