damkarDinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok menerima penghargaan katagori Daerah Berprestasi Tinggi Pencegahan Kebakaran Bangunan Gedung dan Pemukiman yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melalui Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad, Kamis (12/02/15) di Gedung Sasana Bhakti Praja, Jakarta Pusat.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka membangun sinergitas antara kementerian dan pemerintah daerah dalam menentukan langkah dan tindakan strategis serta untuk menyamakan persepsi dan pemahaman, serta komitmen yang sama untuk memperkuat kapasitas pemerintah daerah dalam menjalankan fungsi pemerintahan secara lebih efektif dan akuntabel.

Wakil Walikota dalam paparannya mengatakan, penghargaan ini diraih atas penilaian dari beberapa aspek, diantaranya sisi kesiagaan personil, dimana waktu yang ditetapkan untuk penanganan kebakaran di Perda yaitu 20 menit, kita bisa memenuhi target rata-rata 18 menit.

Selain itu, dilihat dari sisi peralatan yang sifatnya teknis, salah satu mobil pemadam Kota Depok sudah ada yang bisa masuk jalan kecil karena lebarnya hanya 1,7 Meter, namun mobil ini hanya berfungsi sebagai pemadam kebakaran awal yang menampung 1000 Liter air.

“Belum lama ini, kita juga dipercaya untuk melatih beberapa daerah Kabupaten untuk melakukan pelatihan pemadam kebakaran yang dilakukan di Kota Depok, ini juga menjadi salah satu nilai ukur mengapa Kota Depok layak mendapatkan Penghargaan terbaik se-Indonesia,” jelas Idris.

Senada dengan hal tersebut, Yayan Arianto Kepala Damkar mengatakan, selama ini Damkar telah bertugas sesuai dengan SOP dan turut memberdayakan masyarakat dalam beberapa kegiatan. Damkar juga telah melakukan tanda tangan MOU dengan perbatasan wilayah beberapa waktu lalu, hal ini dilakukan agar daya jangkau untuk mencapai pusat kebakaran bisa diperluas.

“Ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah untuk memperluas jangkauan, karena kita tidak pernah tahu dimana akan terjadi musibah kebakaran,” tutur Yayan.

Terakhir, dirinya mengucapkan syukur atas penghargaan yang diberikan Kemendagri, artinya Kota Depok dipercaya untuk memangku predikat Kota Terbaik se-Indonesia dalam Pencegahan Kebakaran Bangunan Gedung dan Pemukiman.

Foto Terkait:

damkar2

Penulis    : Vidyanita Iqomah

Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :