Program Pembinaan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) merupakan program terpadu dan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan. Program ini berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam dan lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa/kelurahan, dengan perempuan sebagai penggeraknya.

Untuk tahun ini, program tersebut akan diadakan di RW 07, Kelurahan Cipayung,Kecamatan Cipayung. P2WKSS ini melibatkan 100 keluarga binaan untuk diberikan pelatihan keterampilan serta pembangunan fisik lima RT yang dilakukan oleh seluruh OPD Kota Depok.

Ketua RW 07 Kelurahan Cipayung, Endang mengatakan bahwa seluruh warga sudah sangat antusias dengan diadakannya program tersebut di lingkungannya. Beliau berharap dengan adanya program tersebut kesejahteraan warga bisa meningkat dan infrastrukturnya menjadi lebih baik untuk kenyamanan hidup warga.

“Rata-rata warga perempuan disini adalah ibu rumah tangga dan ada juga pemulung. Dengan adanya pelatihan dari pemkot, diharapkan warga bisa mendapatkan keterampilan untuk membuat usaha,” ujar Endang.

Selain itu Endang juga berharap Pemkot dapat merehabilitasi serta menambah instalasi air bersih di RW tersebut. Penambahan instalasi ini dikatakan oleh Endang adalah satu hal yang penting, karena instalansi air yang berasal dari matai air tersebut saat ini hanya dapat digunakan di empat RT saja.

“Wilayah kami berdekatan dengan TPA, jadinya air tanah kami kualitasnya kurang baik. Rata-rata 136 keluarga masih menggunakan air dari mata air tersebut,” ujarnya.

Penulis    : Rysko Susan
Editor     : Manapar Manullang

Bagikan post melalui :