Depok.go.id – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok terus melakukan berbagai tindakan dalam memberikan pengenalan dan pencegahan mengenai bahaya kebakaran. Hal tersebut kini dilakukan hingga merambah ke kalangan anak-anak usia dini. Pasalnya, mereka harus memahami semua itu sejak masih kecil.

 “Anak-anak harus tahu dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk mencegah kebakaran dan bagaimana cara menanganinya,” tutur Kepala Damkar Kota Depok, Yayan Arianto saat memberikan pemaparan pada Forum OPD Damkar beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan hal tersebut kepada anak usia dini, yaitu dengan mendatangi sekolah-sekolah TK atau PAUD untuk memberikan pemahaman. Selain itu juga mengajak anak-anak untuk menyaksikan simulasi dari para satuan relawan kebakaran (Satlakkar) Damkar Kota Depok.

Yayan menambahkan bahwa pengetahuan tersebut diberikan untuk memberikan edukasi dini yang selanjutnya dapat diterapkan saat mereka dewasa. Sehingga nantinya jika mengalami musibah kebakaran atau menemui kejadian tersebut dapat melakukan pencegahan dan membantu memadamkan api sebelum petugas Damkar datang.

“Edukasi ini akan terus kami lakukan meskipun mengalami keterbatasan sarana dan prasarana, yang utama anak-anak dapat memahami/mengerti akan pencegahan dan penanganan kebakaran di lingkungan sekitar,” tutup Mantan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Depok. (Indri/Olvi Destiani/Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :