fopd kesbangpol

Forum OPD Kesbangpol di Aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Balai kota Depok, Jum’at (12/02/16). (Foto: Nita/Diskominfo)

Depok.go.id – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok memiliki peran penting dalam pembangunan. Sebagai lembaga teknis kota yang membantu Walikota di bidang Kesatuan Bangsa, demokrasi dan Perlindungan masyarakat. Sedangkan dalam membangun sangat diperlukan situasi dan kondisi sosial politik yang kondusif.

Selain itu, kesamaan pola pikir masyarakat bekebangsaan yang kuat, sangat diperlukan agar tercipta rasa saling toleransi dan penanaman nilai-nilai patriotisme serta nasionalisme dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk itu, Kantor Kesbangpol menggelar forum guna menyusun beberapa program Rencana Kerja (Renja) agar seluruh kegiatan dapat terorganisir dengan baik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Balai kota Depok, Jum’at (12/02/16).

“Beberapa hal yang menjadi prioritas kami diantaranya, ketahanan bangsa, pembauran kebangsaan, kerukunan umat beragama, pendidikan politik, penanganan konflik, pemberdayaan ormas dan LSM, serta kewaspadaan dini masyarakat. Seluruh elemen diharapkan dapat bersinergi agar kenyamanan dan keamanan di Kota Depok dapat terwujud,” ujar Kepala Kesbangpol Taufan Abdul Fatah.

Ia melanjutkan, peran Kantor kesbangpol sangat strategis dan harus selalu siap untuk mencegah gangguan ancaman dari luar. Hal tersebut harus diantisipasi sedini mungkin.

“Rekatkan juga peran Forum Kesatuan Umat Beragama (FKUB), Ormas serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Jalin mitra dengan seluruh warga kota dalam menciptakan rasa aman dan nyaman. Dengan begitu, mudah-mudahan wawasan kebangsaan, nilai-nilai bela negara untuk membangun karakter generasi muda dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat,”tambahnya. (Vidyanita/Olvi Destiani/Yulia S- Diskominfo)

Bagikan post melalui :