Ilustrasi Pemberian Vitamin A. (Foto : Istimewa)

depok.go.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melalui petugas puskesmas dan kader akan melakukan sweeping ke rumah warga. Sweeping ke rumah warga tersebut demi memastikan setiap anak usia 6 hingga 59 bulan memperoleh Vitamin A.

“Agar capaian pemberian Vitamin A ini dapat maksimal, kami lakukan sweeping ke rumah warga. Karena saat pelaksanaan posyandu tidak semua warga datang membawa anaknya,” kata Sekretaris Dinkes Kota Depok Rani Martina kepada depok.go.id, Selasa (12/02/19).

Dikatakan Rani, sapaan akrabnya, saat sweeping dilakukan, anak yang belum mendapatkan Vitamin A, pihaknya akan segera memberikan kapsul Vitamin A. Tentunya sesuai dengan pantauan tenaga kesehatan dan diberikan sesuai dosis.

Dalam hal ini, pemberian Vitamin A untuk 6 hingga 11 bulan diberikan Vitamin A dengan dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan, usia 1 hingga 5 tahun diberikan dengan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

Selain dilakukan sweeping, lanjut Rani, tenaga kesehatan maupun kader posyandu juga memberikan penyuluhan kepada orang tua untuk memahami pentingnya pemberian Vitamin A. Dengan begitu, diharapkan orang tua akan tahu saat pelaksanaan bulan Vitamin A yaitu Februari dan Agustus agar segera mengunjungi posyandu.

“Petugas gizi juga memberikan penyuluhan kepada para orang tua agar mereka betul-betul mengerti dan memahami tentang pentingnya Vitamin A. Kapsul Vitamin A bisa diminta di posyandu secara gratis,” tandasnya.

Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :