depok.go.id-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok mencanangkan sejumlah program pelatihan dan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) pertanian pada warga Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter) dan Cipayung. Program tersebut dirancang guna menyukseskan program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tahun 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPP Depok, Hermin Kusmiati mengatakan, pembinaan pertanian akan dilakukan minimal dua minggu sekali hingga Desember 2019. Selain itu, akan dibuat juga kebun-kebun yang terintegrasi antara tanaman dengan perikanan.

“Kita ingin mengembangkan konsep pertanian yang terintegrasi dengan perikanan. Salah satunya menanam sayur mayur dan di bawahnya ada ikan (Bumi Yumina),” katanya, kepada depok.go.id, Selasa (12/03/2019).

Hermin yang didaulat sebagai Koordinator Tim Teknis Kegiatan P2WKSS 2019 mengatakan, untuk pelatihan yang sifatnya mengundang narasumber ahli dilakukan sekali di awal program. Selanjutnya, masyarakat akan didampingi oleh penyuluh pertanian Kota Depok.

“Setelah itu, kita rapat merencanakan jenis tanaman yang ditanam. Baru setelah itu, kita melakukan pengadaan sarana dan prasarana sekitar April atau Mei,” katanya.

Hermin menambahkan, terkait bantuan sarpras pertanian, di antaranya berupa benih dan bibit. Serta alat-alat pendukung lainya seperti terpal, polybag, dan tabulapot.

“Jenis sayuran yang ditanam sesuai permintaan masyarakat. Tetapi, tidak jauh dari sayuran kangkung, bayam, terong, dan cabai. Sementara untuk ikan, fokusnya di nila dengan menggunakan sistem akuaponik,” katanya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :