Petugas penyuluh pertanian di Kota Depok memberikan pengarahan terkait pembentukan Pokdakan di RW 10 Kelurahan Bojong Pondok Terong. (Nanang/Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Pertanian (DKPPP) Kota Depok, telah memfasilitasi terbentuknya Kelompok Pembudidaya Perikanan (Pokdakan) di Kelurahan Bojong Pondong Terong (Boponter). Pembentukan kelompok tersebut, guna meningkatkan potensi pertanian dan peternakan di daerah yang menjadi lokasi fokus (lokus) Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) 2019.

Agus Tri Y, selaku Tim Teknis Bidang Pertanian Kegiatan P2WKSS 2019 mengatakan, tujuan pembentukan Pokdakan sebagai upaya pemetaan agar memudahkan DKPPP Depok memberikan penyuluhan pertanian. Dengan demikian, imbuhnya, dari segi waktu proses pembinaan berjalan lebih efektif.

“Selain itu, meningkatkan keguyuban antarmasyarakat. Karena untuk menyukseskan program P2WKSS tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” katanya kepada depok.go.id, Selasa (12/03/2019).

Ke depan, kata Agus, Pokdakan RW 10 Boponter yang bernama Pinggiran Setu (Pingset) Berkarya ini, akan diberikan sejumlah penyuluhan. Mulai dari memanfaatkan lahan kosong menggunakan sistem Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan kombinasi budi daya ikan dan tanaman (Bumi Yumina).

Sementara itu, Penyuluh Kota Depok, Muhammad Fadhly Nauri menuturkan, Pokdakan beranggotakan 25 orang, dengan minimal anggota perempuan sebanyak 10 orang. Hal itu, dikarenakan fokus dari P2WKSS pada pembemberdayaan kaum ibu.

Di samping peningkatan kompetensi yang berkaitan dengan pertanian, anggota Pokdakan juga akan mendapatkan pembinaan tentang administrasi. Yaitu pelatihan catatan pembukuan kas (anggaran) dan catatan daftar hadir saat rapat kelompok.

“Setelah pembentukan kelompok, nanti akan kita buatkan Surat Keputusan (SK) pelantikan yang ditandatangani lurah. Dengan seperti ini, kegiatan Pokdakan RW 10 Boponter lebih rapi dan kuat dari sisi hukum,” ucapnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :