Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti (kiri) saat memonitor pelatihan e-commerce kepada puluhan IKM di Fave Hotel Depok. (Foto: Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrisan (Disdagin) Kota Depok memberikan fasilitas  pelatihan e-commerce bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Pelatihan yang digelar mulai tanggal 10-12 April 2019 tersebut, dimaksudkan untuk memperluas jangkauan pasar IKM dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti mengatakan, dalam meningkatkan peran IKM ada tiga poin antara lain, peningkatan mutu, kapasitas dan marketing. Untuk pelatihan yang digelar kali ini, untuk meningkatkan kapasitas dan marketing IKM di Kota Depok.

“Tren industri 4.0 sekarang menuntut IKM dapat mengikuti perkembangan. Agar dapat terus mempertahankan dan memperluas pasar IKM, pemerintah akan mendukung dan memfasilitasi,” ujarnya usai menghadiri pelatihan e-commerce di Fave Hotel Margonda, Jumat (12/04/2019).

Dirinya mengatakan, IKM yang menjadi fokus Disdagin ada 3 subsektor seperti pakaian (fashion), kerajinan (craft) dan kuliner. Puluhan peserta yang ikut pelatihan, kata Kania adalah para pelaku IKM binaan Disdagin Kota Depok.

“Secara nasoinal memang ada 16 subsektor industri kreatif, namun yang paling berkembang di Kota Depok adalah 3 sektor industri tersebut,” katanya.

Dirinya berharap, ketiga potensi ekonomi kreatif yang ada di Kota Depok dapat berkembang dengan baik. Agar dapat tercipta IKM tangguh, yang kesuksesannya dicontoh masyarakat lainnya.

“Kami tengah mengembangkan smart economy, bagian dari Smart City. Para IKM akan masuk ke dalam sistem itu, agar dapat mendukung perekonomian di Kota Depok,” ucapnya.

Penulis: Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :