Ketua Panwaslu Kota Depok,Dede Selamet Permana (paling kanan). (Foto: Diskominfo)

depok.go.id- Guna mengatisipasi terjadinya kecurangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada 27 Juni mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok terus melakukan sejumlah upaya preventif. Upaya tersebut mulai dari imbauan hingga membuka posko pengaduan masyarakat di setiap kelurahan.

Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana mengatakan, upaya pencegahan yang dilakukan yaitu berupa imbauan kepada tim kampanye atau relawan Pasangan Calon (Paslon) untuk mentaati peraturan dan undang-undangan mengenai Pilgub. Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif guna membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pilgub yang berkualitas. Panwaslu juga memerlukan  peran seluruh elemen masyarakat dalam melaporkan dugaan pelanggaran selama Pilgub Jabar 2018.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh anggota Panwaslu yang bertugas pada Pilgub untuk menunjukkan profesionalitas,” ucapnya.

Lebih lanjut, ucap Dede, pihaknya juga terus menggiatkan kemitraan pengawasan partisipatif dengan kalangan mahasiswa dan pramuka, melakukan pembaruan kemampuan dan wawasan jajaran Panwaslu se-Depok dengan rakernis, rakor, bimtek berkala. Selain itu, pihaknya juga akan membuka posko pengaduan masyarakat hingga tingkat kelurahan.

“Kami juga intens berkomunikasi dengan desk Pilkada dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) hingga kelurahan terkait  pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), perekaman e-KTP dan daftar pemilih,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, demi meningkatkan pengawasan hingga di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS), pihaknya akan melakukan rekuitmen pengawas TPS sebanyak 3.302 personil. Saat ini, jumlah anggota Panwaslu di Kota Depok baru sekitar 168 orang.

“Untuk waktu perekrutan, kami masih menunggu arahan dari Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Provinsi Jawa Barat,” tandasnya.

 

 

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :