Tumbuh kembang dan perlindungan terhadap anak sangat erat kaitannya dengan faktor lingkungan yang representatif. Anak yang dibesarkan dengan penuh kasih, akan melahirkan manusia yang baik akhlaknya karena terpola dalam lingkungan yang kondusif.

Sekretaris 1 Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Kota Depok, Elly Farida menjelaskan, pentingnya menjaga lingkungan sekitar anak dari atmosfer kekerasan, baik verbal maupun fisik. Hal ini karena untuk masa depan sang anak pula.

“Di situlah sangat penting sekali menjaga lingkungan untuk anak nyaman dan aman, tentunya dari orang yang mempunyai niat jahat melakukan kekerasan,” terang Elly Farida, dijumpai usai menjadi pembicara dalam Workshop Konselor bagi Gugus Tugas Klaster 5 (Perlidungan Khusus) pada Program Kelurahan Layak Anak Kota Depok Tahun 2018 di Wisma Hijau, Cimanggis, Kamis (12/07/2018).

Dikatakannya lingkungan rumah juga harus mendukung anak dengan memberikan suasana yang hangat, baik, dan lemah lembut bagi anaknya. Serta anak terbebas dari perkataan-perkataan kasar, serta terhindar dari kekerasan fisik.

“Lingkungan yang positif harus terus dijaga keluarga inti, agar sang anak tumbuh menjadi manusia yang positif dan mengerti bahwa kekerasan merupakan tindakan yang tidak benar,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :