depok.go.id – Hari perdana sekolah tahun ajaran baru 2018/2019 di Kota Depok akan dimulai pada hari Senin, 16 Juli 2018 mendatang. Untuk menyambut momen berharga tersebut, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Depok, Elly Farida mengajak para orang tua (ortu) di Kota Depok untuk dapat meluangkan waktunya mengantar anak-anaknya di hari pertama sekolah.

“Anak-anak sudah sekian lama libur sekolah dan naik kelas, tentunya bakal beradaptasi dengan suasana baru. Agar lebih mudah adaptasi, ortu harus mendampingi,” ujar Elly Farida, dijumpai usai menjadi pembicara dalam Workshop Konselor bagi Gugus Tugas Klaster 5 (Perlidungan Khusus) pada Program Kelurahan Layak Anak Kota Depok Tahun 2018 di Wisma Hijau, Cimanggis, Kamis (12/07/2018).

Terlebih, bagi yang baru pertama kali masuk sekolah. Orang tua wajib mendampinginya. Hal ini, kata Elly, karena merupakan pengalaman dan petualangan yang baru bagi mereka.

“Dengan didampingi terlebih dahulu akan mengasah dan memberi pembelajaran bagaimana pola adaptasi dan sosialisasi dengan teman sebayanya, guru baru, bahkan tempat baru,” katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada para orang tua untuk tidak memaksakan anak dengan berbagai target. Namun, orang tua diminta memberi anak kesempatan untuk belajar dan mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga nantinya anak akan lebih mudah menghadapi dunia yang akan ditemuinya.

“Sekolah merupakan salah satu sarana pembelajaran anak, tetapi perlu diketahui tidak semua anak harus mahir semua bidang. Ortu sebisa mungkin hindari memaksakan kehendaknya ke anak. Seperti kisah animal schooling, di mana katak, bebek, dan elang bersekolah tentu tuntutannya tidak sama untuk sama-sama bisa terbang, menyelam, atau pun berenang, pasti punya keahlian masing-masing,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

 

Bagikan post melalui :