Kepala UPT Puskemas Sawangan, Winarni Naweng Triwulandari saat menerima kunjungan dari mahasiswa University of Technology Sydney (UTS), Australia di Puskesmas Sawangan, belum lama ini.

depok.go.id. Upaya kesehatan masyarakat (UKM) merupakan program kesehatan di Puskesmas Sawangan yang menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dalam upaya ini yang menitikberatkan pada komunitas, Puskesmas Sawangan melakukan berbagai pelayanan untuk pembangunan kesehatan lingkungan berbasis masyarakat.

“Semua program Puskesmas Sawangan dijalankan berbasis masyarakat atau komunitas. Karena salah satu tugas Puskesmas yakni membangun kesehatan komunitas,” kata Kepala UPT Puskemas Sawangan, Winarni Naweng Triwulandari usai menerima kunjungan dari mahasiswa University of Technology Sydney (UTS), Australia di Puskesmas Sawangan, belum lama ini.

Dikatakannya, sejumlah program yang berorientasi UKM mulai dari Promosi Kesehatan (Promkes), Kesehatan Lingkungan (Kesling), gizi, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), hingga Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Dengan konsep tersebut diharapkan pelayanan kesehatan semakin dekat dirasakan oleh masyarakat.

Naweng menambahkan, berkad penerapan upaya kesehatan itu, mahasiswa University of Technology Sydney (UTS), Australia, akan diajak untuk mengunjungi salah satu Posyandu di Kelurahan Sawangan dan Posbindu di Kelurahan Sawangan Baru.

“Jadi mahasiswa tersebut selama selama empat hari ke depan akan mengikuti berbagai kegiatan terkait pembangunan kesehatan lingkungan berbasis masyarakat. Selain itu, mereka juga bakal mengunjungi juru pemantau jentik (Jumatik), serta ke sekolah untuk sosialisasi kesehatan anak,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :