haji

Ilustrasi (sumber: google)

depok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengimbau jemaah haji yang akan bertolak ke tanah suci untuk selalu menjaga kesehatan dan membawa persediaan obat selama menunaikan ibadah.

“Cek kesiapan terakhir obat-obatan yang akan dibawa, jangan sampai ada obat yang perlu tapi tertinggal, dan pastikan jumlahnya cukup sejak berangkat sampai kembali ke tanah air,” ucap Kepala Seksi Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Depok, Agus Gojali, ketika dijumpai di ruang kerjanya.

Agus menambahkan, meskipun di Mekah akan ada petugas kesehatan, persiapan yang matang dari calon jemaah akan lebih membantu.

“Bawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi di Indonesia juga penting. Seperti obat pusing-pusing atau masuk angin bisa bawa secukupnya dari tanah air. Karena bisa jadi obat untuk penyakit yang sama memiliki dosis yang berbeda dari yang biasa dikonsumsi di Indonesia,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan para jemaah haji yang memiliki berbagai acara dengan kerabat yang biasa dijalani sebelum berangkat, harus mengupayakan agar fisiknya tidak terlalu lelah agar perjalanan beberapa jam di pesawat dapat berjalan baik

“Perbanyak istirahat dan jangan lupa minum obat, kalau memang ada obat rutin yang harus dikonsumsi karena penyakit tertentu, kalau ada keluhan kesehatan, segera hubungi Poliklinik di asrama embarkasi setempat,” tandasnya. (Nurul Hasanah/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :