POSTER LOMBA MENULIS

depok.go.id – Dalam rangka meningkatkan minat baca dan hari kunjung perpustakaan tanggal 14 September nanti Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok menyelenggarakan rangkaian lomba, yaitu lomba Bercerita tingkat SD se-Kota Depok, Lomba Menulis Cerpen tingkat SMP se-Kota Depok, dan Lomba Menulis Karya Ilmiah tingkat SMA se-Kota Depok.

“Ada tiga lomba, sesuai dengan kategori pendidikannya,” ujar Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Siti Chaerijah.

Siti menjelaskan, untuk lomba bercerita tingkat SD difokuskan agar diikuti siswa-siswi kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah baik Negeri maupun Swasta di Kota Depok, yang lembaga sekolahnya telah mempunyai Perpustakaan yang dikelola dan dikembangkan secara baik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan budaya gemar membaca pada anak-anak (usia SD/MI) terhadap buku-buku cerita terutama Fabel yang isinya mengandung nilai-nilai moral dan misi membangun pendidikan karakter.

“Selain itu, juga agar mereka bisa mencintai  budaya dan juga cerita rakyat,” tambahnya.

Lomba ini akan dilaksanakan pada 7 September 2016, sementara untuk waktu penyerahan naskah akan dilaksanakan selama 1 Agustus 2016 hingga 1 September 2016, pukul 08.00 s.d 15.00 WIB di Seksi Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok di Balaikota Depok.

Sementara untuk lomba menulis cerpen untuk siswa tingkat SMP/MTS baik Negeri maupun Swasta memiliki  tema yaitu Menumbuhkan Kegemaran Membaca dan Menulis dalam upaya membangun pendidikan karakter. Lomba ini difokuskan untuk diikuti siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah kelas 1-3 baik Negeri maupun Swasta di wilayah Kota Depok.

“Pendaftaran dibuka sejak 9 Agustus 2016 hingga 1 September 2016 di ruang Seksi Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok Lantai 2,” jelasnya.

Untuk tingkat SLTA/MA/SMK juga diadakan lomba karya tulis yang bertema “Pengaruh Membaca Terhadap Prestasi Pelajar.” Dari lomba karya tulis ini diharapkan semakin meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menulis sebagai sarana dalam mengungkapkan buah pikiran dan perasaannya.

“Untuk pendaftaran waktunya sama dengan lomba menulis cerpen tingkat SMP. Kami berharap dengan lomba ini menjadi ajang penjaringan siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang menulis,” tutupnya. (Rysko/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

*untuk info lebih lanjut, silahkan buka link di bawah

http://kap.depok.go.id/depokcorner/berita/read/2016/08/10/ikutilah-lomba-bercerita-menulis-cerpen-dan-menulis-karya-ilmiah-yang-diselenggarakan-kantor-arsip-dan-perpustakaan-kota-depok.html

CP: Nova 081291479450

Ruth 085890800676

Bagikan post melalui :