jemaah haji

Ilustrasi (sumber: google)

depok.go.id – Memasuki musim panas, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengimbau kepada calon jemaah haji di Kota Depok untuk waspada terhadap musim tersebut. Pasalnya, mereka akan berhadapan dengan cuaca panas setiap melakukan berbagai aktivitas selama di Arab Saudi, sehingga para jemaah haji harus bisa mengantisipasi hal tersebut dengan berbagai upaya.

“Saat berada di Mekah dan Madinah, para jemaah harus dapat beradaptasi dan menyiapkan beberapa tindakan untuk kesehatannya karena cuacanya sangat berbeda dengan di Indonesia” tutur Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Depok, Agus Gojali saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Adapun beberapa hal yang harus dilakukan para calon jemaah selama melakukan ibadah pada musim panas di antaranya mengurangi kegiatan di luar ruangan dari pukul 10.00 hingga 16.00, menggunakan masker jika harus melakukan aktivitas di luar ruangan saat siang hari, menggunakan payung, memakai baju dengan warna yang cerah, serta membawa persediaan air atau air zam-zam untuk menjaga kelembaban kulit.

Untuk penggunaan masker sangat dianjurkan ketika berada di keramaian saat melakukan aktivitas selama beribadah di tanah suci, karena hal tersebut dapat membuat pernapasan menjadi lembab.

Terakhir, Agus berharap para jemaah haji dapat menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. Pasalnya, lingkungan di Indonesia berbeda dengan di Arab Saudi. Terlebih pada musim panas seperti saat ini.

“Tetap jaga kesehatan, jangan porsir tubuh untuk melakukan ibadah sunah secara berlebihan karena rangkaian wajib haji masih banyak hingga puncaknya,” tutup Agus seraya berpesan. (Indri/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :